Dra. Enung Kartini, M. Pd.

Sebagai guru adalah sebuah anugerah dari Allah yang harus saya jaga keamanahannya. Guru BK adalah tugas yang saya emban. SMP Negeri 2 Cileunyi Kab. Bandung menj...

Selengkapnya
Navigasi Web
PETANI YANG BERUNTUNG tantangangurusianaharike-77

PETANI YANG BERUNTUNG tantangangurusianaharike-77

#tantangangurusianaharike-77

PETANI YANG BERUNTUNG

Oleh: Enung Kartini

Hari ini saya menerima pesanWA dari seorang teman guru yang berupa cerita tentang seorang petani yang bingung menjual hasil panennya yang melimpah sementara situasi tidak memungkinkan dia berjualan ke pasar tempat biasanya dia memasok hasil buminya itu.

Saya Tidak tahu siapa yang bercerita pada awalnya. Tapi siapapun itu saya mengucapkan terima kasih dan mohon izin untuk membagikannya kembali melalui tulisan ini.

Ceritanya ada seorag petani yang siap memanen sayuran yang dia tanam dan dia urus selama berbulan-bulan. Dia sengaja menanam untuk dipanen menjelang lebaran karena biasanya harga lebih tinggi. Namun apa daya ternyata bertepatan dengan musim panen keadaan masih kacau gara-gara virus Corona. Dengan adanya PSBB menyebabkan petani tak bisa menjual sayurannya ke pasar yang ada di Ibu Kota. Petani sangat bingung.

Dalam keadaan para petani bingung, datanglah ke desa tersebut seorang tengkulak yang dengan dalih membantu, membeli sayuran para petani dengan harga sangat murah. Banyak juga petani yang akhirnya menjual sayurannya ke tengkulak tersebut. Dari pada sama sekali tidak menjadi uang, biarlah rugi juga. Begitu piker para petani. Tetapi Pak Petani yang diceritaka ini tdk serta merta mengikuti menjual ke tengkulak seperti para tetangganya. Dengan alasan akan diobrolkan dulu denga istrinya, Petani menolak tawaran tengkulak.

Di rumah, istri petani menyarankan agar suaminya bersabar jangan panen dulu untuk dijual ke tengkulak. Tunnggu saja siapa tahu situasi berubah dan bisa menjual sayurannya dengan harga normal. Namun setelah ditunggu sekian waktu, keadaan masih tetap tak berubah. Sampai menjelang lebaran belum ada tanda-tanda rizki panen akan datang. Dalam kebingungan tersebut pada tanggal 26 Ramadhan dengan rasa sedih dan bingung dia pergi ke kebunnya untuk menengok sayuran yang daunnya sangat subur dan sudah siap untuk dipanen.

Sepanjang perjalanan ia terus berdoa dan bershalawat dalam hati. Sampai di kebun sambal memegangi daun-daun sawi yang dia tanam dia bicara pada Tuhannya sambal berlinang air mata. “Ya Allah, Engkau menjadi saksi hamba sudah maksimal ikhtiar, mohon berikan hamba ampunan dan rahmatMu. Jika sekiranya dosa-dosa hamba menjadi penghalang datangnya rezekiMu ampunilah hambaMu ini ya Allah. Berikanlah kami rahmatMu petunjuk agar kami tak salah langkah.. Ya Allah..beri hamba kekuatan dan ketenangan menghadapi takdir ini. Hamba percaya tak ada yang sia sia atas segala ciptaanMu.” Doa petani pagi itu diantara pohon sayurannya.

Melihat berita di handphonenya, banyak orang yang tidak mampu membeli lauk sayur untuk makan mereka sehari-hari karena pandemik ini, dia tergerak melakukan sesuatu disaat diapun sedang dirundung bingung. Kemudian dia bicara kembali kepada Allah: “Wahai Allah aku akan jual semua sayuran ini kepadaMu, jika semua pasar tak mampu membeli dengan harga yang pantas, maka aku yakin hanya Engkaulah yang sanggup membayar dengan harga terbaik, akan aku panen semua sayuran ini dan aku akan anterkan pada mahlukMu yang membutuhkannya, aku mohon ya Allah terimalah amal kami.." seru petani sambil berderai airmata..

Dia antarkan hasil panennya ke Pesantren yang ada di sekitar rumahnya. Ketika akan dibayar dia bilang sudah ada yang membayar, dia hanya disuruh mengantarkan ke situ. Selanjutnya diantar ke RS ,ke puskesmas, ke mesjid ,ke kampung pemulung, ke tetangga-tetangga, yang mampu apalagi yang kurang mampu, ke rumah para assatidz ,sampai ke balai desa.

Selepas shalat magrib dan berbuka ,badan petani terasa amat kelelahan. Namun entah bagaimana hatinya bahagia, tak ada sedih, tak ada kuatir, tak ada penyesalan atas "kekonyolan" yang ia kerjakan bersama keluarganya seharian ini .

Esok harinya masuk pesan lewat HP dari nomor yang tak dikenal. " Pak Ade, saya Imron kita belum pernah jumpa tapi saya mendengar tentang bapak dari pak Kades tadi siang, katanya bapak panen sayur lalu dibagikan gratis ke warga, kalo boleh saya ingin menitipkan infaq kebetulan ini bulan Ramdhan , mungkin Tak banyak, namun semoga bermanfaat untuk membeli benih dan pupuk agar bapak bisa tetap bertani setelah ini..bisa saya minta no.rek bapak?" Demikian isi pesan di WhatsApp yang diterima petani itu.

Tengkulak memberi harga untuk seluruh kebun senilai 1,5 juta. Padahal modalnya 3.5 juta rupiah. Panen diharapkan pak tani mendapat 5 juta rupiah. Namun karena dijual kepada Allah maka harganya diberi harga terbaik. Dibayar dua kali lipat yaitu Rp.10.000.000,- , dan masih adah harapan balasan pahala surga Insya Allah. Ibarat petani, sebenarnya kita semua juga bs memiliki peluang yang sama.

Sungguh jual beli yang tak akan pernah menemukan kata rugi adalah berjual beli dengan Rabb kita Allah Subhanallahu wa ta'ala.

Masya Allah cerita yang saya terima dari rekan guru ini sangat menginspirasi, mengingatkan kita untuk selalu sabar dan banyak memberi dengan ikhlas karena Allah akan membalasnya dari arah yang tidak kita sangka-sangka dan dengan balasan yang lebih baik atau lebih banyak.

Salam literasi

Bandung, 29 Mei 2020

Gambar diambil dari: https://jateng.antaranews.com/berita/115632/petani-bingung-gunakan-kartu-tani

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan yang keren. Inspiratif.

29 May
Balas

Alhamdulillah..Terima kasih Ibu. Salam literasi

30 May

Tulisan yang sangat menginspirasi... terimakasih...salam literasi

29 May
Balas

Alhamdulillah...Terima kasih Ibu. Salam lliterasi

29 May

wow..cerita yg mengharu biru..ikut sedih,gembira,bersyukur..trimakasih, bu artikel yg bagus..salam

29 May
Balas

Sama-sama Pak Alhamdulillah,,,,Terima kasih sudah mampir. Salam.

30 May

Subhanallah sangat menginspirasi bunda

30 May
Balas

Alhamdulillah...Terima kasih sudah mampir Mbak. Salam...

30 May

Keren Bu.... sangat menginspirasi.

30 May
Balas

Alhamdulillah...Terima kasih sudah mampir Mbak. Salam...

30 May

Mantap bun... ceritanya inspiratif..

29 May
Balas

Terima kasih. Alhamdulillah kalau bisa menginspirasi... Terima kasih sudah mmapir Mbak Solvia. Salam

30 May

Allohu Akbar... Sangat menginspirasi... Keren bu...

29 May
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih sudah mampir Pak. Salam.

30 May

Subhanallah kisah yang bagus

31 May
Balas

Alhamdulillah...terima kasih apresiasinya Bu Murini..

01 Jun

Nama Ditta nazjuaKelas 9kCerita nya sangat menginspirasi orang orang terutama para petani suapaya tidak putus asa dan selalu bersyukur atas apa yang Tuhan berikan bila ada cobaan

29 Aug
Balas

Nama:Luna ResayaniKelas:9KCeritanya sangat inspiratif, dari cerita ini saya belajar bahwa selalu akan ada sebuah kebahagiaan dibalik setiap cobaan yang Tuhan kasih

29 Aug
Balas

Nama:nailla aurelia putri santikaKelas:9kCeritanya bagus, sangat menginspirasi banget buat kita semua, dari cerita ini saya jadi tahu bahwa di balik segala cobaan pasti ada hikmahnya yang harus kita petik Dan intinya kita harus selalu bersabar dan berdoa kepada allah swt.

29 Aug
Balas

Nama:Gissa K. AKels:9K Ceritanya menarik dan sangat menginspirasi banyak orang, dari cerita ini saya belajar bahwa bahagia selalu ada caranya dan kita harus selalu bersyukur atas apa yang tuhan berikan kepada kita .

29 Aug
Balas

Nama: Reztia FitrianiKelas: 9kCerita ini sangat menginspirasi, mengajarkan kepada kita untuk selalu bersabar dan bersyukur serta ikhlas dalam memberi kepada yang membutuhkan.

29 Aug
Balas

Nama: Muhammad ghaza kelas:9k cerita ini sangat menginspirasi , org org tidak putus asa dan terus semangat meskipun tuhan memberikan cobaan

29 Aug
Balas

Nama:Faisal Moch Rafly kelas:9K Cerita nya sangat menginspirasi, dari cerita ini saya belajar bahwa harus bersabar dan bersedekah dengan ikhlas karena allah akan membalasnya dengan yang terbaik

29 Aug
Balas

Nama:Yasmine rachelah hudaefah kelas:9KCeritanya sangat menginspirasi,dari cerita ini kita bisa belajar untuk selalu bersyukur atas apa yang Tuhan berikan

29 Aug
Balas

NAMA:Gibran putra pamungkas KELAS:9Jdari cerita ini saya tahu bahwa segala perbuatan pasti ada balasannya,tergantung perbuatan yang telah kita perbuat,baik atau buruk.

29 Aug
Balas

NAMA:Gibran putra pamungkas KELAS:9Jdari cerita ini saya tahu bahwa segala perbuatan pasti ada balasannya,tergantung perbuatan yang telah kita perbuat,baik atau buruk.

29 Aug
Balas

NAMA:Gibran putra pamungkas KELAS:9Jdari cerita ini saya tahu bahwa segala perbuatan pasti ada balasannya,tergantung perbuatan yang telah kita perbuat,baik atau buruk.

29 Aug
Balas

Nama:Elisnawati kelas:9k Ceritanya sangat menarik dan menginspirasi banyak orang,dari cerita ini kita dapat belajar untuk selalu bersabar dan jangan mengambil keputusan secara terburu buru dan dalam keadaan apapu kita jangan lupa ber doa kepada allah swt.

29 Aug
Balas

Nama:Hanan syafiq fKls :9KCerita ini sangat menginspirasi,daricerita ini kita bisa belajar bahwa untuk selalu bersyukur dan bersabar atas apa yg di berikan oleh tuhan

29 Aug
Balas

Nama:septyani widya putri kelas:9k ceritanya sangat menginspirasi banyak orang,dari cerita ini saya belajar bahwa apapun cobaannya kita harus bersabar dan bersyukur yang telah tuhan berikan kepada kita dibalik dicobaan ini tuhan akan membalasnya dengan yang terbaik.

29 Aug
Balas

Nama : Muhammad Faris Syahidurrohim Kelas : 9J Cerita ini sangat menginspirasi dan membuat kita banyak merenung bahwa Allah swt. tempat meminta segala sesuatu dan tempat untuk menceritakan semua masalah. Semoga allah senantiasa menyelesaikan semua masalah kita.

29 Aug
Balas

nama: saffanah silmi zharfankelas: 9kceritanya sangat inspiratif karna mengajarkan kita untuk selalu berbagi kepada sesama dan percaya bahwa tuhan akan membalas apa yang sudah kita berikan kepada orang lain.

29 Aug
Balas

Nama:febrian ismu muttaqi Kelas:9j cerita ini sangat menginspirasi dan kita dapat belajar dari cerita ini semua yg kita lakukan dengan tujuan baik dan ikhlas karna allah,pasti allah akan memberi yg lebih berlipat lagi kpd kita.

29 Aug
Balas

Nama: Firdaus Nainggolan Kelas:9KCeritanya sangat menginspirasi,dari cerita ini kita bisa belajar untuk selalu bersyukur atas apa yang Tuhan berikan

29 Aug
Balas

Nama:tantriKelas:9kCeritanya sangat menginspirasi semua orang,dari cerita ini kita bisa belajar untuk selalu bersyukur atas apa yang diberikan oleh allah.

29 Aug
Balas

Nama: Ghizabella Nurania kelas:9kYang saya ambil dari cerita ini bahwa kita harus selalu bersyukur apa yang telah Allah berikan , jika kita melakukan sesuatu harus bertujuan dgn ikhlas dan sabar ,dan ketika tuhan kasih cobaan ke kita kita harus selalu sabar dan tidak mengeluh

29 Aug
Balas

Nama:Novy Nuraini Zihan Kelas:9K Dari cerita ini bahwa akan selalu ada kebahagiaan dibalik semua yang telah Allah berikan, Dan selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT

29 Aug
Balas

Nama: Alea Delfiany Putri Pratama Kelas:9J Cerita ini banyak sekali pelajaran yang didapat salah satunya adalah disetiap cobaan yang kita alami, pasti terdapat kebaikan jika dihadapi dengan rasa sabar, ikhlas, serta selalu bersyukur

29 Aug
Balas

Nama : Hanifah Nur Faridah Kelas : 9JCerita ini banyak sekali pelajaran yang didapat salah satunya adalah ketika kita diberi cobaan kesulitan oleh Allah swt, itu tandanya allah ingin kita lebih mendekatkan diri kepadanya, dibalik kesulitan yang diberikannya pun akan ada balasan kebaikan didalamnya

29 Aug
Balas

Nama : Hanifah Nur Faridah Kelas : 9JCerita ini banyak sekali pelajaran yang didapat salah satunya adalah ketika kita diberi cobaan kesulitan oleh Allah swt, itu tandanya allah ingin kita lebih mendekatkan diri kepadanya, dibalik kesulitan yang diberikannya pun akan ada balasan kebaikan didalamnya

29 Aug
Balas

Nama : Hanifah Nur Faridah Kelas : 9JCerita ini banyak sekali pelajaran yang didapat salah satunya adalah ketika kita diberi cobaan kesulitan oleh Allah swt, itu tandanya allah ingin kita lebih mendekatkan diri kepadanya, dibalik kesulitan yang diberikannya pun akan ada balasan kebaikan didalamnya

29 Aug
Balas

Nama:Rafly ramadhanKelas :9kCerita ini memiliki makna,satunya adalah ketika kita mendapat cobaan kesulitan,itu tandanya Tuhan ingin kita lebih mendekatkan diri kepadanya,dan dibalik kesulitan dan cobaan akan ada imbalan yg diberikan

29 Aug
Balas

Nama: Afriza Nur Muhammad, Kelas: 9K, cerita ini memiliki arti yg sangat dalam, salah satu nya jika tuhan memberikan ujian kpd hambanya itu tanda nya, tuhan itu dekat dgn hamba yg sedang di uji itu, dan kita juga hrs banyak bersyukur atas apa saja yg telah diberikan oleh tuhan yg maha esa, walaupun sekecil debu kita tetap hrs bersyukur, dengan cara bersyukur maka tuhan akan semakin dekat dgn hamba nya dan kita harus yakin, dibalik ujian yg diberikan, pasti ada imbalan yg bisa kita terima

30 Aug
Balas

Nama: Afriza Nur Muhammad, Kelas: 9K, cerita ini memiliki arti yg sangat dalam, salah satu nya jika tuhan memberikan ujian kpd hambanya itu tanda nya, tuhan itu dekat dgn hamba yg sedang di uji itu, dan kita juga hrs banyak bersyukur atas apa saja yg telah diberikan oleh tuhan yg maha esa, walaupun sekecil debu kita tetap hrs bersyukur, dengan cara bersyukur maka tuhan akan semakin dekat dgn hamba nya dan kita harus yakin, dibalik ujian yg diberikan, pasti ada imbalan yg bisa kita terima

30 Aug
Balas



search

New Post