Dra. Enung Kartini, M. Pd.

Sebagai guru adalah sebuah anugerah dari Allah yang harus saya jaga keamanahannya. Guru BK adalah tugas yang saya emban. SMP Negeri 2 Cileunyi Kab. Bandung menj...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENYETRIKA UANG KEMBALIAN tantangangurusianaharike-22

MENYETRIKA UANG KEMBALIAN tantangangurusianaharike-22

HOBI BARUKU

Memiliki banyak hobi sangat menyenangkan. Dengan hobi-hobi tersebut kita bisa memilih kegiatan mana yang akan dilakukan ketika sedang merasa bosan. Selain mengisi waktu luang hobi juga bisa menghasilkan uang, mendapatkan teman baru, pengalaman baru dan keuntungan lainnya. Hobi bukan kegiatan yang terpaksa dilakukan karena pengaruh teman misalnya. Hobi ditemukan ketika kita mencoba satu kegiatan dan mendapatkan rasa positif saat melakkukannya. Mungkin merasa bahagia, merasa mudah, merasa fresh, merasa lega, merasa riang dan sebagainya.

Bersyukur saya mempunyai banyak hobi yang menemani saya ketika ada waktu luang. Hobi membaca yang diturunkan oleh Bapak membawaku menjelajah “dunia” lewat buku. Hobi membaca juga yang membawa saya menjadi salah seorang tim literasi SMP di Kab. Bandung. Dengan menjadi tim ini saya berkesempatan untuk melancong ke beberapa negara tetangga. Diantaranya ke Australia Selatan tepatnya ke kota Adelaide, Thailand (Bangkok dan Pattaya), Singapore dan Malaysia (Kuala Lumpur, Malaka, Johor Bahru).

Olah raga adalah hobi saya lainnya. Senam, renang, jogging dan jalan kaki adalah olah raga yang sering saya lakukan. Seiring dengan bertambahnya usia jenis dan intensitasnya saya sesuaikan. Sebelum usia 50 tahun saya sangat menyukai senam aerobic tapi sekarang diusia saya 55 tahun sepertinya Yoga lebih cocok. Renang sampai sekarang masih saya lakukan. Sebelum merebaknya wabah Corona saya memiliki seorang sahabat yang mempunyai hobi berenang juga. Biasanya kami rutin seminggu sekali berenang dengan dia. Jogging dan jalan kaki adalah olah raga yang saya lakukan bersama suami di akhir minggu. Kegiatan ini lebih bertujuan have fun bersama suami. Mendapatkan rasa bahagia selain dari olah raganya juga dari kebersamaan kami sebagai suami istri yang sama-sama bekerja dan tidak banyak waktu luang di saat hari kerja.

Pikiran sederhana tentang perlunya “pabrik” oksigen di lingkungan rumah ternyata menjadikan saya mempunyai hobi menanam tanaman. Tidak hanya tanaman hias tapi juga tanaman yang bisa dipetik buahnya atau rimpangnya. Di halaman rumahku ada pohon Mangga, Jambu Jamaika, Jambu Batu, Pepaya, cabe rawit, Pandan, kencur, jahe dan beberapa jenis tanaman hias. Yang paling besar dari tanaman hiasku adalah bunga gelombang cinta. Sebelum saya benar-benar menyukai tanam menanam ini merasa kalau menanam apapun susah tumbuh. Tapi entah mengapa setelah menyukainya jadi sangat mudah tumbuh dan subur. Berarti rasa dalam hati menentukan juga ya? Jangan bayangkan halaman rumah saya luas. Karena faktanya hanya sekitar 4 x 5 meter, atau bahkan kurang. Itu tanaman tumbuh berdempetan tapi alhamdulillah tumbuh subur. Syaratnya cintai tanamanmu he he he.

Hobiku berikutnya sering dikatakan orang itu adalah pekerjaan nenek-nenek dan hanya dikerjakan oleh perempuan. Padahal pendapat itu salah besar. Merajut. Ya merajut sering dikatakan bahwa itu pekerjaan orang tidak ada kerjaan, perempuan atau nenek-nenek. Padahal hobi ini, apalagi di luar negeri banyak juga dilakukan oleh anak muda bahkan laki-laki. Di USA ada komunitas merajut yang dipimpin oleh laki-laki dan sangat maju. Saya juga menyukai merajut sejak muda bukan karena sudah nenek, bahkan sejak saya duduk di bangku SD. Di kota kamipun ada komunitasnya. Di komunitas ini saya menambah teman sesama perajut. Sungguh menyenangkan.

Hobi baru saya, tambahan hobi nih yaitu memotong-motong plastik bekas kemasan apapun yang penting kering kemudian dijadikan ecobrick. Hobi ini lebih terdorong untuk ikut serta menggalakkan gerakan mengolah sampah agar mengurangi sampah plastik di di dalam tanah agar bumi kita tidak tambah “sakit”.

“Hobi” terbaru, Menyetrika uang kembalian. Ya Hobi ini dilakukan awalnya dengan keterpaksaan karena kekhawatiran akan adanya virus di uang kembalian yang kita terima. Tetapi lama kelamaan menyetrika uang kembalian ini menjadi sesuatu yang menyenangkan apalagi melihat uang-uang lama kembali menjadi keras dan rapi. Sebelum disetrika saya semprot dengan desinfektan, didiamkan sampai agar kering, jangan masih basah ya, kemudia disetrika. Wow uang saya rapi dan insya Allah aman dari virus. Semoga ketika dia (uang) sadar akan ketelatenan saya merawat dia dia semakin rindu kepada saya. Ha ha ha….. Aaminn.

Hobi teman-teman apa saja? Silahkan tulis di kolom komentar ya…

Saya tunggu.

Salam literasi

Bandung, 04 April 2020

Gambar diambil dari: https://rencanamu.id/post/fun/did-you-know/10-hobi-yang-mencerminkan-kepribadianmu

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aihh ....bikin saya kabita dengan good ide menyetrika uang ....buka lebay memang untuk kewaspadaan harus agak berkorban ya bu Sangat inspiratif bu ...Mau belajar merajut ke ibu belum aja ya kapan kapan mau ah

04 Apr
Balas

Resep gera bu Lin nyetrika uang lecek jadi rapi....nu 2000an geuning ha ha ha....Hayu ngerajuuut....

04 Apr

Biar aman uangnya ya Bund.. Merajut aku juga suka

04 Apr
Balas

Betul waspada untuk keamanan...Asyik banget ketemu teman baru yang hobinya sama...

04 Apr

Asyik ya nonton drakor ditemani Bintang ha ha ha... Eh Bintang teh ci bebeb atau anak c bebeb?

04 Apr
Balas

Wah...banyak hobinya.... Asik, Bu... Dulu hobi saya memandang langit, mengamati bintang2. Kemudian Bintang sudah ada di rumah, hobi saya nonton drakor, Bu. Untuk menjaga stabilitas situasi di rumah. Agar saya senang, dan seluruh warga rumah menjadi senang. Hahaha...

04 Apr
Balas

Asyik ya nonton drakor ditemani Bintang ha ha ha... Eh Bintang teh ci bebeb atau anak c bebeb?

04 Apr

Bintang teh anak saya yg nomor 2, Bu. Hehe... karena saya suka menatap bintang di langit, jadi suami saya bilang, anak ini dikasih nama Bintang aja....biar jadi temen ibunya...hihi

05 Apr

Wow...inspiratif ya Bintang.

05 Apr



search

New Post